Walimahku

Walimahku
Ahad, 14 Maret 2010

Senin, 24 Mei 2010

Mutiara Hadist

HADITS 1

عَنْ عُمَرَبْنِ اَبي سَلامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُمَا قَالَ : كُنْتُ غُلامًا ِفي ْحَجْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَكَانَتْ يَدَيَّ تَطِيْشُ فِيْ الصَّحْفَةِ, فَقَالَ لِيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ” يَاغُلَامُ, سَمِّ اللهَ, وَكُلْ بِيَمِيْنِكَ, وَكُلْ مِمَّا يَلِيْكَ” فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِيْ بَعْدُ ( رواه البخري و مسلم )

Dari Umar bin Abi Salamah d ia berkata:”Saya adalah seorang anak kecil yang berada dalam bimbingan Rasulullah. Pernah tangan saya mengacak-acak di dalam piring, maka Rasulullah berkata kepadaku:“Wahai anak kecil, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari yang dekat denganmu”. Maka hal itu menjadi sifat makanku setelah itu”. ( H.R Bukhari&Muslim) 

Makna hadits: Nabi Muhammad menikah dengan Ummu Salamah setelah kematian suaminya, Abu salamah, sedangkan Umar bin Abu Salamah hidup bersama ibunya di rumah Rasulullah . Pada suatu hari ada seorang anak kecil yaitu Umar, duduk dan makan bersama Nabi .Tangan anak tersebut tidak tetap pada suatu tempat dari makanan tersebut. Maka Nabi Muhammad  membimbingnya dengan sebagian adab-adab ketika makan
1. Hendaklah sebelum makan dengan diawali mengucapkan “Bismillah”.
2. Hendaklah makan dengan tangan kanan. 
3. Makan mulai dari yang dekat dengannya dan jangan menjulurkan tangannya kepada makanan yang terletak jauh darinya. 
Dan sungguh Umar mengamalkan perintah Nabi  dan menjadikannya sebagai kebiasaannya dalam makan.

Mutiara Faedah Hadits:
1. Menyebut nama Allah diawal makan.
2. Makan dengan menggunakan tangan kanan.
3. Hendaklah seseorang makan dari makanan yang terdekat dengannya dan jangan menjulurkan tangannya pada makanan yang jauh darinya.
4. Jika hidangan/makanannya bermacam-macam maka boleh seseorang makan dari makanan yang jauh darinya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar